Monday, November 1, 2010

konsep manusia sempurna (ulil albab)

KONSEP MANUSIA SEMPURNA (ULIL ALBAB)
Oleh : KH. M. Zein ZA. Bazul Asyhab
ceramah/khidmat manaqib tqn suryalaya agustus 2000


Dalam Al-Quran manusia sempurna itu disebut Ulil Albab. Siapakah ulil albab itu? Dalam surat Ali Imran dijelaskan siapa itu Ulil Albab. Menurut surat tersebut untuk mencetak Ulil Albab diperlukan dua konsep utama, yaitu :
  1. Cetaklah manusia agar menjadi ahli dzikir

    Mengapa dakwah Islam di dunia terasa tumpul ? Khususnya di Indonesia yang semarak dakwah melawati media cetak atau media elektronik masih banyak orang berbuat kemungkaran dan kejahatan ?

    Kalau diibaratkan dakwah Islam itu adalah benih (bibit) yang terus menerus ditanam, padahal tanah hatinya (manusia) tidak pernah diolah dan digarap. Akhirnya benih tersebut tidak tumbuh subur dan kemungkinan benih tersebut bisa mati karena tanahnya tidak dirawat dengan baik.

    Bagaimana mengolah hati tersebut ? Tidak lain caranya dan alatnya kecuali dengan dzikrullah, sehingga menjadi subur.

  2. Cetaklah manusia agar menjadi ahli fikir

    Seorang yang mampu mengkaji dan meneliti alam semesta.

    Langit ditembus dan bumi dijelajahi.

    Kedua konsep itu harus dikembangkan secara seimbang, agar tidak berat sebelah.

    Seorang ahli fikir yang tidak mau berdzikir tentu akan bahaya, karena akan selalu kalah oleh syetan dan hatinya penuh dengan berbagai penyakit hati. Sebaliknya orang yang berdzikir tidak mau mengembangkan daya fikirnya, maka tidak akan dirasakan rahmatnya bagi orang lain.
Untuk itu di Pondok Pesantren Suryalaya dikembangkan dua konsep tersebut yaitu daya dzikir dan daya fikir secara seimbang. Dengan motto Ilmu Amaliah Amal Ilmiah.


(KH Shohibulwaa Tajul Arifin/Abah Anom Suryalaya)


(Oleh : KH. M. Zein ZA. Bazul Asyhab)

sumber : suryalaya.org

No comments: